Yuk Cuci Tangan Dengan Benar!

Yuk Cuci Tangan Dengan Benar!

Mencuci tangan adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan air ataupun cairan lainnya oleh manusia dengan tujuan untuk menjadi bersih, sebagai bagian dari ritual keagamaan, ataupun tujuan-tujuan lainnya. Wikipedia

Banyak yang menganggap cuci tangan cukup dengan air dan sabun sudah wangi dan bersih, dan itu sudah selesai, kenyataannya belum tentu cara seperti itu sudah benar dan dapat membunuh kuman penyebab penyakit.

Mencuci tangan yang benar merupakan cara menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyebaran penyakit melalui kuman tak terlihat. Berikut ini ada 7 langkah cuci tangan yang benar menurut WHO (World Health Organization):

1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan dengan menggunakan air yang mengalir, kemudian ambil sabun lalu usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.


2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.


3. Jangan lupa pada bagian jari-jari tangan untuk digosok di sela-sela jari hingga bersih.


4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkannya.


5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.


6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok dengan perlahan.


7. Bersihkan kedua pergelangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.


Bukan hanya pada saat sebelum dan sesudah saja mencuci tangan baiknya juga dilakukan ketika Anda, khususnya wanita yang sering beraktivitas di dapur. Terkadang kita sering lupa untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum atau setelah memasak.

Padahal kotoran dan sisa bekas memasak di dapur adalah salah satu tempat favorit kuman-kuman. Untuk menjaga tetap bersih dan higienis kita harus selalu membiasakan mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas di dapur.

Apalagi jika Anda memotong ayam atau ikan yang berbau amis, kemudian langsung memasak baiknya diawal dan sebelum mulai memasak langsung cuci tangan, karena kuman pasti ada dan hinggap di tangan setelah mengolah bahan masakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayo Istirahat yang Cukup! Jangan Bahayakan Dirimu!

Memulai Hidup Sehat? Gampang Kok!

Wajah Belang? Atasi Dengan Ini!